Ditulis Oleh : Mohammad Rizky Apriansyah dan Efa
Dosen Pembimbing : Dwi bagus rendy astid putera S.pd., M.pd.

Rabu, 10 Januari 2024 

Sosialisasi Cegah Stunting Sejak Dini di Desa Gapurana Kecamatan Talango


Sebagai upaya meningkatkan derajat serta kualitas kesehatan masyarakat, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) terus berikan upaya edukasi melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Salah satu edukasi yang diberikan melalui kegiatan KKN oleh Kelompok 32 KKN UTM di Desa Gapurana Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep yaitu menyelenggarakan penyuluhan stunting dengan sasaran ibu-ibu yang memiliki anak usia (0-24 bulan) dan balita di wilayah Desa Gapurana.

Kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UTM ini dilakukan pada rabu pagi (10/01/2024) dengan diikuti oleh seluruh anggota Kelompok 32 KKN, Bidan Desa, Ahli Gizi dari Puskesmas Talango dan 30 orang ibu dan balitanya. Kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan mahasiswa KKN ini mengundang pemateri dari puskesmas setempat yaitu Ibu Handayani Risa Rukmana, Amd. Gz. selaku ahli gizi. Kegiatan penyuluhan ini dimulai pukul 09.00 WIB dimulai dengan memberikan pre test pada para ibu-ibu sebelum penyuluhan dilakukan. Hal ini dilakukan oleh kelompok 32 dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman ibu-ibu yang memiliki balita mengenai stunting. Kemudian setelah penyuluhan dilakukan mahasiswa membagikan quisioner lagi untuk melakukan post test untuk mengetahui seberapa jauh ibu-ibu memahami stunting setelah penyuluhan diberikan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Posyandu hingga selesai.


Sabtu, 06 Januari 2024 Dan Senin, 08 Januari 2024 -

Media Pembelajaran SDN Gapurana l

    
    Media pembelajaran di SDN Gapurana 1 Dirancang untuk memberi pengalaman belajar interaktif  dan mendidik bagi para siswa. Dengan menggunakan teknologi modern, Kami mahasiswa KKN SDN Gapurana 1 memanfaatkan media seperti komputer untuk memperkaya pembelajaran. Dengan hal ini membantu siswa memahami konsep-konsep pelajaran dengan lebih baik melalui visualisasi dan interaksi langsung. Selain itu, Pemanfaat bahan ajar berbasis digital juga merangsang minat belajar siswa, Menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan inklusif.


Rabu, 03 Januari 2024 -

Kunjungan UMKM Desa Gapurana, Kecamatan.Talango, Kabupaten.Sumenep


    Kegiatan kunjungan UMKM daerah gapurana dilakukan oleh kelompok 32 dimulai pada pukul 10.00, yang mana pada hari tersebut kelompok 32 mengunjungi 4 UMKM tempat UMKM diantaranya ialah umkm rengginang, Mebel, Penjahit Dan Batik.UMKM Merupakan salah satu kegiatan Perdagangan, Kegiatan UMKM Menjadi ladang pendapatan dari masyarakat di desa gapurana, kecamatan.alango, Kabupaten.Sumenep.

    Kegiatan Ini bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan UMKM yang ada di desa gapurana, Kecamatan.Talango, Kabupaten.Sumenep.

    Hambatan atau kendala  UMKM  rengginang Rengginang ialah panas, kemudian kendala dari UMKM Mebel sendiri ialah mengenai modal. Sedangkan kendala dari UMKM Penjahit ialah kurangnya tenaga kerja. Mengetahui bagaimana Cara Mengembangkan potensi UMKM yang ada di desa diantaranya rengginahng, Mebel, Penjahit Dan Batik.


Jum'at, 29 Desember 2023 - 

Senam Bersama Dengan Perangkat Desa Gapurana


    
    Kuliah kerja nyata (KKN) Kelompok 32 Universitas trunojoyo madura bergerak mengajak kepala desa dan perangkat desa mengadakan senam bersama dan kerja bakti membersihkan balai desa gapurana, kecamatan talango, kabupaten sumenep pada hari jum'at, 29 Desember 2023.
    
    Kegiatan ini bertujuan  untuk mengingat setiap orang untuk menjaga kebersihan dan kebugaran diri. Selain itu kebersihan lingkungan menjadi faktor penting yang tidak boleh diremehkan. Kegiatan dimulai pada jam 08.00 pagi ini diawali dengan senam pagi bersama kepala desa dan perangkat desa yang dipimpin oleh anggota kelompok KKN 32.

    Setelah kegiatan senam bersama, Kemudian kelompok KKN 32 dan perangkat desa mengunjungi makam raden mas cokro winoto.


Rabu, 27 Desember 2023 - 

Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Gapurana


    Kelompok 32 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Trunojoyo Madura Desa Gapurana, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Kelompok KKN 32 telah melaksanakan pembukaan kuliah kerja nyata di balai desa gapurana, kecamatan talango, kabupaten sumenep, pada hari rabu, 27 Desember 2023 Dengan  Tema "Pembangunan Sumberdaya Manusia Menuju Ketahanan Sosial Ekonomi Desa".

    Acara tersebut dihadiri oleh kepala desa gapurana Dan Perangkat desa Dan beberapa penduduk desa gapurana yang ikut serta peramaikan acara pembukaan KKN Kelompok 32 desa gapurana, kecamatan talango, kabupaten sumenep.
    
   Tujuan hadirnya perangkat desa dalam kegiatan pembukan ini adalah untuk memberikan masukan terkait desa gapurana sebelum mahasiswa KKN kelompok 32 menjalankan program kegiatan yang sudah direncanakan untuk realisasi kepada masyarakat di desa gapurana, kecamatan talango, kabupatem sumenep.

    Kegiatan pembukaan ini merupakan kegiatan awal dimana mahasiswa KKN kelompok 32 resmi memulai KKN di desa gapurana, Sebagai bentuk simbolis diizinkannya kegiatana KKN kelompok 32 desa gapurana, Maka bapak kepala desa membuka acara dengan pembacaan "Basmalah" KKN Kelompok 32 Resmi dibuka.